Pages

Sunday 23 August 2015

Ciri-ciri diabetes melitus dan Cara Mencegahnya

Cara Mencegah Diabetes Melitus

Penyakit gula merupakan salah satu masalah kesehatan yang patut dihindari sedini mungkin oleh semua orang. Sebab, penyakit tersebut dapat dialami oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Tanpa memandang usia, penyakit gula juga bisa menghampiri siapa saja termasuk anak-anak. Karena dampak yang ditimbulkan sangatlah fatal dan juga berbahaya, maka tahap pencegahan diabetes melitus atau penyakit gula harus diupayakan secara optimal sehingga resiko yang ditimbulkan bisa dihindari mulai sekarang.

Cara Mencegah Diabetes Melitus

Mencegah diabetes bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut ini beberapa cara hidup sehat yang dapat dilakukan untuk mencegah diabetes terjadi pada tubuh Anda, yaitu:
  • Mengatur asupan makanan dengan baik sesuai nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
  • Menjaga pola makan dan memilih makanan sehat.
  • Mengatur jadwal aktivitas dan istirahat secara seimbang.
  • Hindari minuman beralkohol, kebiasaan merokok dan kebiasaan begadang.
  • Rutin berolah raga dan melakukan aktivitas fisik yang tepat agar badan senantiasa bugar
Pada dasarnya, penyakit gula dapat terjadi ketika kadar gula dalam darah meningkat di atas batas normal. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh konsumsi gula atau makanan manis yang berlebihan dan tidak diimbangi dengan kemampuan tubuh dalam mengolah asupan gula secara maksimal. Seseorang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi gula terlalu banyak memiliki resiko diabetes yang sangat besar. Jadi, cara penting lainnya yang perlu dilakukan selain menjalankan gaya hidup sehat adalah dengan mengurangi konsumsi gula yang berlebihan supaya penyakit kencing manis atau diabetes bisa dicegah sebelum terlambat.

Tapi tak perlu khawatir, meskipun konsumsi gula harus diminimalisir, saat ini Anda bisa menggantinya dengan sweetener rendah kalori dan bebas gula seperti Tropicana Slim Sweetener Classic. Produk ini memiliki cita rasa yang manis layaknya gula pasir namun lebih sehat, aman dikonsumsi dan efektif untuk mencegah diabetes melitus karena kandungannya dapat menjaga kadar gula darah dengan baik. Dengan mengganti gula pasir dengan Tropicana Slim Sweetener Classic, tentu saja pencegahan diabetes dapat dijalani dengan mudah, praktis dan juga efektif.

Mengenali Berbagai Macam Ciri-ciri Diabetes Melitus

Pada umumnya, berbagai macam masalah kesehatan menimbulkan ciri-ciri atau gejala yang berbeda satu sama lain. Begitu pula diabetes melitus yang menimbulkan berbagai macam ciri yang dirasakan oleh setiap penderitanya masing-masing. Secara umum, ciri-ciri penyakit diabetes melitus itu sendiri mulai muncul dan terjadi sebagai penanda bahwa kadar gula darah Anda melebihi batas normal yang seharusnya. Dengan mengenali berbagai macam ciri dari penyakit diabetes, diharapkan Anda menjadi lebih waspada dan juga prihatin terhadap kondisi tubuh Anda sehingga tahap penanganan dari penyakit diabetes melitus bisa segera dilakukan.

Mengenali Berbagai Macam Ciri-ciri Diabetes Melitus

Biasanya, ciri-ciri penyakit diabetes yang paling umum dialami oleh penderita diabetes yaitu kekurangan energy. Sebab, penyakit diabetes terjadi akibat pengaruh insulin yang tidak bekerja dengan baik dalam membantu proses perubahan gula menjadi energy. Insulin yang tidak bekerja secara optimal akan membuat gula dalam tubuh mengendap dalam darah sehingga kadar gula darah meninggi. Hal inilah yang menyebabkan sebagian besar kalangan yang mengalami diabetes merasakan kekurangan energy dalam menjalani aktivitas sehari-hari karena zat gula yang dikonsumsi tidak bisa dioptimalkan dengan baik.

Selain itu, ada juga beberapa macam ciri-ciri lainnya yang harus Anda ketahui ketika diabetes muncul dan menghampiri, yaitu:
  • Tubuh lebih sering dan mudah merasa lapar, haus dan mengantuk tanpa sebab yang pasti.
  • Lebih sering buang air kecil di malam hari dibandingkan biasanya.
  • Produktivitas dan semangat kerja menurun karena tubuh mudah lelah dan kekurangan tenaga untuk beraktivitas rutin.
  • Muncul luka yang sulit disembuhkan.
Apabila ciri-ciri diabetes di atas mulai Anda rasakan atau terjadi pada salah satu anggota keluarga Anda, maka segera periksakanlah kadar gula darah sedini mungkin untuk memastikan kondisi kesehatan yang sebenarnya. Jangan sampai tindakan penanganan dilakukan terlambat karena diabetes bisa menimbulkan gejala atau dampak kesehatan yang lebih fatal. Sebaiknya, terapkanlah gaya hidup sehat, rajin berolahraga, penuhi waktu istirahat sesuai porsinya dan hindari konsumsi gula atau makanan manis yang berlebihan agar produksi insulin berjalan lancar dan kerjanya efektif dalam mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh Anda.