Pages

Monday 16 September 2013

3 Aspek Penting Pendidikan dalam Keluarga

Sebuah karakter dari seseorang dapat terbentuk dengan baik atau buruk tergantung dari pendidikan yang diberikan di dalam lingkungan keluarga pada awalnya. Pendidikan yang lengkap memang telah di diberikan di dalam lingkungan sekolah, namun sebenarnya pendidikan yang paling penting dan wajib diberikan adalah pendidikan yang berasal dari lingkungan keluarga. Pendidikan di dalam lingkungan keluarga sangat penting dikarenakan karakter seseorang dapat terbentuk dengan baik atau buruk tergantung dari lingkungan keluarganya, maka dari itu dalam hal ini peran keluarga memiliki andil besar dalam pembentukan karakter dari masing-masing anggota keluarga tersebut.


Pada dasarnya untuk dapat membentuk karakter seseorang yang merupakan salah satu dari keluarga Anda, pendidikan harus dilakukan dan diterapkan sedini mungkin. Dan untuk dapat memberikan pendidikan yang baik dan benar ke seluruh anggota keluarga, Anda harus memperhatikan tiga aspek penting ini terlebih dahulu. Adapun tiga aspek penting tersebut antara lain adalah :

Aspek Pribadi
Pendidikan dari sisi aspek pribadi adalah pendidikan yang mengajarkan ke seluruh anggota keluarga untuk selalu menjadi pribadi yang bertanggung jawab agar dapat selalu menjaga nama baik keluarga dan diri sendiri.

Aspek Moral
Pendidikan dari sisi aspek moral adalah sebuah pendidikan dimana Anda mengajarkan kepada seluruh anggota keluarga agar dapat mengerti mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan pendidikan moral yang baik, dapat dipastikan nantinya akan menciptakan individu yang selalu menjaga nama baik keluarga dan mudah diterima di lingkungan luar.

Aspek Sosial
Pendidikan dari sisi aspek sosial adalah sebuah pendidikan yang mengajarkan untuk selalu menjadi pribadi yang baik dan berkualitas agar dapat dengan mudah bersosialisasi dengan lingkungan luar.

Dengan selalu memberikan pendidikan yang baik di dalam keluarga atas dasar tiga aspek tersebut, dapat dipastikan akan menciptakan generasi yang baik dan berkualitas, karena peran keluarga sangat berpengaruh besar akan pembetukan karakter seseorang.

1 comments:

Unknown said...

Terima kasih sudah mengshare:)

Post a Comment