Pages

Sunday 19 May 2013

Manfaat Ikan Tongkol


Tongkol merupakan salah satu Bahan Masakan Indonesia yang biasanya diolah dengan cara dipindang. Ikan tongkol banyak dipilih karena dagingnya begitu padat dan rasanya yang gurih. Ikan tongkol juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga cocok dikonsumsi oleh anak-anak pada masa pertumbuhan.

Bagi Anda yang akan membeli ikan tongkol, pastikan ikan yang Anda pilih masih segar. Kenali beberapa tanda ikan segar, seperti warna kulitnya terang dan cerah, bila ditekan daging ikan terasa keras, matanya jernih menonjol dan cembung, sisik ikan segar masih melekat kuat serta mengkilat dengan sisik masih utuh dan tidak banyak yang lepas, insang berwarna merah, dan yang pasti ikan segar tidak akan berbau busuk.

Ikan tongkol merupakan Bahan Masakan Indonesia yang disarankan karena rasanya enak dan bergizi tinggi. Terkadang ikan tongkol dijual di pasar dalam keadaan sudah matang atau diasap. Namun apabila Anda mencari nilai kandungan gizinya, maka akan lebih baik jika Anda membeli tongkol segar untuk dimasak. Tongkol yang sudah diasap otomatis nilai kandungannya berkurang.

Selain rasanya lezat dan bergizi, ikan tongkol juga memiliki manfaat yang baik, antara lain merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah, dan menghambat proses penuaan, serta baik bagi penderita reumatik dan anemia. Selain itu, beberapa penyakit bisa diminimalisasi dengan mengkonsumsi ikan tongkol. Nah, setelah mengetahui manfaat ikan tongkol, siap memasak ikan tongkol untuk menu hari ini?


Sumber:
http://gicara.com/uncategorized/khasiat-ikan-tongkol-bagi-kesehatan.html
http://resepmasakanindonesia.idcc.info/tips-memilih-ikan-segar-untuk-memasak.htm

0 comments:

Post a Comment