Pages

Wednesday 26 October 2016

Pentinya Inisiasi Menyusui Dini


ASI merupakan sumber makanan yang paling sempurna untuk bayi, karena kandungan gizi yang dimiliki ASI sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal untuk bayi. Selain itu ASI juga mengandung zat yang berfungsi untuk perkembangan kecerdasan dan zat kekebalan sang bayi. Pemberian ASI pada satu jam pertama atau Inisiasi Menyusui Dini (IMD) setelah bayi dilahirkan memilki banyak manfaat, bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa IMD dalam 1 jam pertamanya dapat mencegah 22 persen kematian bayi dibawah umur 1 bulan di negara berkembang. WHO (World Health Organizations) juga merekomendasikan IMD dijalankan selama 1 jam pertama pada awal kelahiran bayi.

Proses IMD diawali dengan meletakkan bayi ke dada ibu, kemudian sang bayi akan memasukkan tangannya yang masih terdapat cairan ketuban ke mulut, aroma cairan ketuban sama seperti aroma cairan yang dikeluarkan puting susu ibu, sehingga dengan begitu bayi akan mencari dan menemukan sendiri sumber aroma di puting susu ibu dan mulai menyusu. Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari kegitan ini, namun sedikit orang yang mengetahui seberapa pentingnya IMD untuk bayi maupun sang ibu. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Mendapatkan Kolostrum

Kolostrum adalah zat susu pada tahap akhir masa kehamilan dan terkandung dalam ASI setelah persalinan hingga tujuh hari setelah kelahiran bayi. Kolostrum mengandung molekul bioaktif, rantai anti-microbial, serta immunoglobin yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi.

2. Memberi Kehangatan

Bayi yang diletakkan di dada sang ibu atau berkontak langsung antar kulit memiliki temperatur tubuh yang lebih stabil jika dibandingkan dengan bayi yang langsung dibungkus kain setelah lahir.

3. Adaptasi Metabolis

Bayi yang berada dalam posisi IMD memilki tingkat gula darah lebih baik jika dibandingkan bayi yang langsung dipisahkan dari ibunya saat setelah lahir.

4. Membantu Pelepasan Plasenta Dan Mengurangi Pendarahan

Saat bayi menyusu akan menghasilkan hormon oksitosin yang mengalir dari kelenjar susu ke darah ibu, hal itu akan membantu mengeluarkan plasenta sehingga pendarahan pasca melahirkan dapat berkurang.

Selain mengetahui pentingnya inisiasi menyusui dini, kamu juga harus tahu apa saja peralatan yang dibutuhkan bayi setelah lahir, salah satu peralatan yang dibutuhkan adalah produk perawatan bayi ZWT Zwitsal, karena ZWT Zwitsal merupakan merek terbaik dalam perawatan kesehatan kulit bayi, mulai dari sabun mandi, shampoo, dan hair lotion untuk bayi. Semoga artikel ini bermanfaat.  

1 comments:

Unknown said...

Agenpoker.biz merupakan solusi judi poker online terbaik dalam permainan poker. Segera daftarkan diri anda dan dapatkan Bonus Depo Awal Member Baru dan juga Bonus Pulsa hanya di AGENPOKER.BIZ , Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !!!!

Post a Comment