Pages

Sunday 10 November 2013

Cara Mencegah Gingvitis

Gusi berdarah atau yang sering disebut dengan gingvitis merupakan salah satu gangguan yang terjadi di dalam rongga mulut manusia. Sekilas memang keluhan ini dianggap biasa saja karena dapat hilang dengan sendirinya, namun jika gingvitis ini dibiarkan sebenarnya dapat menimbulkan efek yang berbahaya bagi mulut yaitu menyebarnya penyakit lain yang berbahaya seperti kanker mulut yang dapat menggerogoti dan merusak rongga mulut.

Mencegah gingvitis dapat dilakukan sejak dini dengan penaganan yang tepat dan aman. Berikut ini setidaknya ada 3 cara mengatasi gangguan gingvitis dalam mulut dengan tepat, aman, dan benar.
  1. Menyikat gigi
Rajin-rajinlah menggosok gigi terlebih lagi setelah anda makan dan sebelum tidur karena salah satu penyebab gingvitis ialah adanya kuman akibat sisa makanan yang tertinggal di gigi anda. Gunakan sikat gigi yang lembut dan gosoklah gigi anda dengan gerakan yang sama (dari atas ke bawah) dengan tak lupa mengakhirinya dengan berkumur dengan air bersih.

2.             Membersihkan sela gigi dengan benang khusus
Sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi yang tak dapat dijangkau oleh sikat gigi dapat anda bersihkan menggunakan benang gigi. Gerakkan benang gigi dengan perlahan agar gusi tidak terluka.

3.             Periksa ke dokter
Mengontrol keadaan gusi dan gigi secara teratur dengan memeriksakannya ke dokter sangat dianjurkan. Lakukan kegiatan tersebut setidaknya 6 ulan sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan rongga mulut anda.


0 comments:

Post a Comment