Pages

Wednesday 13 November 2013

5 Fungsi Karbo yang Bagus Untuk Tubuh

Karbohidrat merupakan salah satu zat penting yang sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Namun seringkali kita mengartikan karbohidrat identik dengan nasi. Padahal selain karbohidrat, di dalam nasi juga ada kandungan makanan berupa glukosa yang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebih karena akan memicu naiknya kadar gula dalam darah dan menimbulkan penyakit seperti diabetes. Oleh karena itu dianjurkan mengonsumsi makanan lain yang juga mengandung karbohidrat namun tidak menimbulkan efek seperti nasi. Lalu apa sebenarnya fungsi dari karbohidrat tersebut hingga sangat dibutuhkan oleh tubuh kita? Berikut ulasannya.

  1. Sumber energi
Karbohidrat memiliki sifat yang mengenyangkan dan juga memiliki fungsi utama sebagai sumber energi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Jika kita kekurangan karbohidrat, tubuh kita dapat menjadi lemas dan tidak bertenaga. Karbohidrat yang baik bagi sumber tenaga diantaranya ialah kentang atau roti gandum.
  1. Melancarkan pencernaan
Jika anda mengalami susah buang air besar atau sembelit, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat bisa menjadi solusinya. Karena dalam karbohidrat juga mengandung serat yang mampu memperlancar proses pencernaan.
  1. Pemanis alami
Kandungan monosakarida dalam karbohidrat mampu menjadi pengganti rasa manis di dalam makanan sehingga tanpa gula pun makanan berkarbohidrat akan terasa manis.
  1. Pengatur metabolisme lemak
Fungsi metabolisme lemak yang didapatkan dari karbohirat ini mampu mencegah terjadinya oksidasi lemak jahat di dalam tubuh.
  1. Pengoptimal fungsi protein
Mengonsumsi karbohidrat jga mampu membuat fungsi protein menjadi lebih optimal. Karena jika kekurangan karbohidrat, maka tubuh akan mengambil energi dari protein dalam tubuh. Oleh karena itu, karbohidrat penting agar protein dalam tubuh tidak berkurang.

0 comments:

Post a Comment