Pages

Monday 3 June 2013

7 Gejala Awal Tahap Kehamilan

Selain telat menstruasi, tanda awal kehamilan minggu pertama dapat ditandai dengan seringnya buang air kecil, rasa nyeri sekitar payudara, morning sickness, gangguan tidur dan suhu tubuh tinggi atau badan terasa tidak sehat. Di bawah ini ada tujuh perubahan yang dialami ibu hamil selama masa kehamilan di minggu pertama dan kemungkinan sering terjadi yaitu:

1.    Tiba-tiba Bunda mengalami rasa lelah fisik seperti tidak biasanya, padahal aktivitas tidak berubah masih seperti biasa dan kondisi Bunda secara fisik sehat serta aktif. Tidak jarang saat minggu pertama kehamilan, tingkat rasa lelah cenderung cukup tinggi dan bahkan ada sebagian ibu hamil yang jatuh pingsan karena tekanan darah yang rendah.
2.    Terasa mual di pagi hari bahkan sepanjang hari atau disebut dengan morning sickness. Kondisi ini paling umum terjadi di awal kehamilan, perut Bunda sangat rentan terhadap rasa mual dan muncul rasa enggan untuk mengonsumsi makanan.
3.    Frekuensi buang air kecil akan meningkat, hal ini disebabkan karena rahim membesar untuk memberikan tempat bagi pertumbuhan janin di dalamnya yang mengakibatkan terdorongnya kandung kemih dan membuat rasa ingin buang air kecil semakin meningkat.
4.    Terjadinya perdarahan implantasi yang mirip dengan darah menstruasi. Perdarahan ini terjadi karena dampak dari proses penanaman telur di dalam rahim dan biasanya disertai dengan rasa kram pada daerah perut.
5.    Payudara akan membengkak atau membesar, lebih sensitif, lebih empuk dan sakit.
6.    Suasana hati Bunda juga akan lebih sensitif seperti mudah cemas, depresi, tiba-tiba merasa senang dan lain-lain. Kondisi ini disebabkan karena hasil dari perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh Bunda.
7.    Bunda akan mengalami sembelit dan sering ‘buang gas’, untuk menghindarinya seringlah makan makanan yang kaya akan serat dan kurangi makanan yang pedas. Munculnya sembelit biasanya menyertai gejala ‘buang gas’.


Beberapa tanda awal kehamilan di atas, biasanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan itu, disarankan Bunda lebih sering mengonsumsi makanan tepat yang mengandung vitamin, mineral dan asam folat. Di samping itu, Bunda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan yang telah ditunjuk.

0 comments:

Post a Comment