Pages

Sunday 27 April 2014

Membuat Jantung Jadi Lebih Sehat

Manfaat Buah Apel Bagi Jantung
Berbagai manfaat buah apel yang mampu menyehatkan jantung menjadi alasan bagi beberapa orang untuk rutin mengonsumsinya. Hal ini memang bukan sekedar mitos karena dapat dibuktikan oleh beberapa badan penelitian. Mereka menyebutkan bahwa asupan serat tinggilah yang menjadi alasannya. Kandungan tersebut mampu menghambat penumpukan kolesterol jahat di arteri jantung sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung maupun stroke.


Beberapa penelitian itu diantaranya dilakukan oleh British Medical Journal yang menyimpulkan jika orang dewasa berusia 50 tahun ke atas rutin memakan buah apel per hari maka 8.500 serangan jantung dan kematian akibat stroke di Inggris dapat dicegah setiap tahunnya. Sedangkan Iowa Women’s Health Study melaporkan bahwa diantara 34.000 yang sudah diobservasi selama hampir 20 tahun, apel dapat mengurangi kemungkinan kematian akibat dua penyakit berbahaya, yaitu jantung koroner dan penyakit kardiovaskular. Para peneliti di Finlandia juga mempelajari data tentang konsumsi apel yang dikumpulkan lebih selama 28 tahun dari sekitar 9.208 orang baik pria maupun wanita. Dari pengolahan data didapatkan jika pemakan apel secara rutin memiliki resiko terendah menderita stroke dibandingkan mereka yang tidak memakan apel secara rutin.


Serat larut untuk menurunkan kadar kolesterol ternyata bukan satu-satunya alasan menjadikan buah ini sebagai penangkal ampuh berbagai masalah jantung. Antioksidan yang ditemukan dalam apel juga ternyata mampu mencegah kolesterol LDL dari oksidasi jantung dan juga menghambat peradangan di organ tubuh yang vital ini. Dengan demikian, manfaat buah apel untuk jantung sehat memang tidak usah diragukan lagi.

0 comments:

Post a Comment