Pages

Monday 14 April 2014

Mengatasi Diare dan Sembelit

manfaat buah apel
manfaat buah apel
Kegunaan Manfaat buah apel dapat dipergunakan sebagai penangkal diare dan sembelit. Baik itu Anda susah buang air besar maupun terus menerus buang air besar maka serat alami pada apel sangat membantu untuk meredakannya. Secara biologis, serat dapat menarik air keluar dari usus kita sehingga akan melancarkan proses pencernaan dan eksresi. Selain itu, serat juga dapat menyerap kelebihan air pada feses kita sehingga dapat memperlambat proses eksresi.


Apel mentah bisa langsung dikonsumsi untuk mengatasi diare, hanya saja akan lebih cepat dan efektif jika menggunakan cuka sari apel. Cuka sari apel selain mengandung serat alami apel juga bertindak sebagai pelawan bakteri penyebab diare. Selain itu, cuka sari apel juga kaya pektin yang membantu menenangkan perut yang terasa melilit. Caranya adalah dengan menambahkan satu sendok teh cuka sari apel pada segelas air. Minum setiap sehabis makan hingga gejala diare tuntas.
                                                                               

Dari Manfaat buah apel di atas, maka apel dapat dikatakan memiliki dua peranan dalam penanganan diare dan sembelit, yaitu pengobatan dan pencegahan. Pencegahan diare dan sembelit diantaranya dengan konsumsi rutin harian buah yang satu ini, sedangkan pengobatan melalui cara tersebut di atas. Hampir semua buah-buahan memiliki serat yang baik bagi tubuh, sehingga jika dirasa perlu alternatif, beberapa buah lainnya pun dapat dijadikan selingan konsumsi buah selain apel.

0 comments:

Post a Comment