Pages

Thursday 19 June 2014

Apa Itu Kelenjar Thymus?

kelenjar thymus
Tentang Kelenjar Thymus
Banyak hal yang masih belum kita ketahui tentang kelenjar thymus. Yang pasti kelenjar yang satu ini terletak di bagian depan manusia. Ada yang berpendapat bahwa kelenjar ini berpengaruh terhadap perkemabangan manusia. jika kelenjar ini tidak berproduksi dengan maksimal maka akan menghambat pertumbuhan dan menghasilkan bentuk tubuh manusia yang kecil atau manusia kerdil. Sebaliknya jika kelenjar ini berproduksi secara berlebih maka dapat menghasilkan tubuh manusia yang sangat besar atau yang disebut dengan gigantisme.

Karenanya  kelenjar thymus merupakan salah satu kelenjar yang fungsinya sangat erat dengan persoalan pertumbuhan manusia. Kelenjar ini memiliki produktifitas yang tinggi selagi manusia dalam masa pertumbuhan,
namun setelah itu fungsinya secara perlahan akan menyusut. Karena itu juga kiranya pada masa remaja kita memiliki pertumbuhan yang pesat, baik dari segi ukuran tubuh maupun perkembangan organ yang lain. Namun seiring usia pertumbuhan itu pun perlahan melambat. Kita tidak bertambah tinggi lagi, ukuran kepala tidak bertambah besar lagi, dan seterusnya. Lalu setelah usia 50 tahun kelenjar ini akan tidak berproduksi lagi dan karenanya memiliki resiko menimbulkan penyakit yang berkaitan dengan sistem imun tubuh.


Perihal mengenai kelenjar ini memang belum begitu awam diketahui oleh banyak orang. Namun karena berkaitan dengan msa pertumbuhan juga sistem kekebalan tubuh maka dari itu sudah saatnya kita mengetahui dan mempelajarinya lebih dalam. Yang jelas agar kelenjar ini dapat berfungsi dengan maksimal ada baiknya selama masa pertumbuhan kita selalu memerhatikan gizi dan nutrisi bagi tubuh agar kesehatan kita selalu terjaga senantiasa.

0 comments:

Post a Comment