Pages

Tuesday 10 February 2015

Tanda Fisik Kelainan Pada Tulang Belakang


Suatu penyakit pada tulang belakang yang melengkung dan tidak normal disebut dengan Skoliosis. Kelengkungan tersebut tidak menimbulkan suatu gejala yang nyata pada anak-anak tetapi akan mempengaruhi penampilan pada tulang belakang. Kelainan ini pada umumnya banyak terjadi pada kaum wanita karena tulang belakang mereka sifatnya lentur jika dibandingkan dengan tulang belakang pada kaum pria.

Penyakit kelainan tulang belakang tidak hanya diderita oleh anak-anak saja tapi juga orang dewasa. Karena salah satu penyebab dari kelainan ini adalah kebiasaan yang buruk saat duduk. Tanda-tanda fisik dari kelainan ini antara lain :
  1. Tulang punggung melengkung.
  2. Satu bahu ataupun pinggul lebih menonjol.
  3. Pakaian menjadi tidak tergantung dengan baik.
  4. Cenderung bersandar pada satu sisi.
  5. Bagi orang dewasa akan terasa nyeri pada punggung.

Penyebab dari kelainan ini sering tidak diketahui. Sering dikenal dengan idiopathic. Dulu kelainan ini dianggap suatu kondisi pada masa kanak-kanak. Namun, saat ini telah diakui sebagai kondisi yang dapat  mempengaruhi orang dewasa apalagi bagi yang sudah tua. Hal tersebut disebabkan karena bertambahnya usia pada seseorang. Di Inggris, kelainan ini sering mempengaruhi 3-4 anak dari seribu anak. Dapat berkembang di usia berapa saja, tetapi akan banyak terjadi pada masa remaja. Diperkirakan sebanyak 7 orang dari 10 orang dewasa yang berusia 65 ataupun lebih akan memiliki beberapa tingkat Skoliosis.

0 comments:

Post a Comment