Pages

Friday 19 July 2013

Kenali Bisul pada Bayi

Salah satu Perawatan Kulit Bayi yang memiliki peran sangat penting terhadap kesehatan kulit bayi adalah menciptakan lingkungan yang bersih. Lingkungan yang bersih dapat mencegah berkembangnya bakteri yang dapat menimbulkan infeksi pada kulit bayi, salah satunya adalah bisul. Bisul pada bayi disebabkan karena adanya peradangan akibat infeksi bakteri staphylococcus aereus, dimana bakteri ini dapat menghasilkan nanah pada bagian yang terinfeksi. Di bagian yang terinfeksi biasanya berwarna kemerahan bahkan terkadang menghitam dan dengan adanya nanah maka muncul pembengkakan di bawah kulit akibat penumpukan nanah. Akibatnya, si Kecil akan merasakan nyeri, rewel dan sulit tidur apalagi jika bisul timbul di daerah sekitar kepala.

Hal paling penting yang harus Bunda ketahui dan pahami adalah bisul pada bayi bukan disebabkan karena pola makan yang tidak baik atau ibu yang menyusui, tetapi diakibatkan oleh infeksi bakteri. Selain itu, bisul juga tidak boleh dipencet untuk mengeluarkan nanahnya karena justru akan memperburuk infeksi tersebut. Namun untuk mengatasinya, Bunda dapat mengompresnya dengan air hangat untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan si Kecil. Cara tersebut dapat Bunda lakukan jika kondisi bisul si Kecil tidak parah dan apabila sudah timbul nanah, sebaiknya segera bawa si Kecil ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik.

Berikan Perawatan Kulit Bayi yang tepat apabila si Kecil menderita bisul yaitu dengan selalu menjaga kebersihan kulitnya agar infeksi tidak semakin menyebar. Biasanya obat yang diberikan untuk mengatasi bisul pada bayi adalah antibiotik karena antibiotik dapat membunuh bakteri sehingga infeksi bisul akan terhenti dan terobati.

0 comments:

Post a Comment