Pages

Thursday 31 October 2013

Bahayanya Ultraviolet

Sinar UV biasa dikenal dengan Sinar Ultra Violet dimana merupakan sinar matahari yang terpancar memiliki gelombang lebih pendek dari yang terlihat. Sinar ini tidak tampak oleh mata kita sehingga kita tidak menyadari bahwa kita terpapar sinar ini pada setiap harinya. Sinar ini tidak hanya buruk bagi kulit, namun juga untuk mata kita.
Sinar UV ini ada tiga jenis, yaitu UV A, UV B, UV C. UV A untuk kulit sangat berbahaya karena dapat menembus bagian kult terdalam dan merusak sel-sel yang ada disana. UV A inilah yang menyebabkan pigmentas dan menimbulkan kerutan, dan bahkan kanker kulit yang berbahaya itu disebabkan olehnya. Kita harus lebih waspada pada  UV A ini meskipun di dalam rumah, karena sinar ini bisa menembus kaca.  Kalau  UV B tidak dapat menembus kaca, sinar ini bisa menembus lapisan epidermis dan menyebabkan kulit memerah dan seperti terbakar. Sedangkan UV C sampai saat ini masih bisa ditahan oleh lapisan ozon sehingga belum bisa menembus bumi, tapi dikhawatirkan untuk tahun tahun kedepan jika manusia tidak bisa menjaga bumi dengan pola lakunya yang baik dan benar, maka lambat laun lapisan ozon ini akan menipis sehingga UV C bisa sampai ke bumi.

Karena berbahayanya sinar ini, maka untuk perawatan kesehatan kulit, dalam dunia kecantikan sudah diantisipasi dengan adanya body lotion yang mengandung SPF (Sun Protection Factor) dalam jumlah kadar tertentu sehingga dapat melindungi kulit dari paparan ultraviolet yang jahat. Selain pada kulit, ultraviolet ini juga jahat pada mata. Mata dapat terbakar oleh matahari baik itu iorang dewasa maupun anak anak, biasa dikenal dengan sebutan sunburn eye. Mata yang terpapar ultraviolet ini akan terasa perih, merah, berair, dan gatal, seperti ada pasir atau debu. Kadang juga menyebabkan pandangan kabur sementara. Sunburn eye ini tidak dapat dirasakan secara langsung pada mata, tapi timbulnya adalah secara kumulatif, jika terpapar terus menerus dalam waktu lama akan muncul sunburn eye. Efek jangka panjangnya bisa menjadi katarak bahkan kangker kulit di mata dan jaringan sekitarnya. Untuk mencegahnya, kita bisa menggunakan kaca mata hitam, atau kontak lense. Kaca mata hitam yang dipilih juga yang mengandung lapisan perlindungan sebanyak 75 – 95%. 

Sumber . . .

0 comments:

Post a Comment