Pages

Tuesday 16 April 2013

Tempat Jajanan Sebaiknya Bersih


Kesukaan akan Jajan, Makan di luar rumah merupakan pilihan bagi hampir semua orang. Siapa yang tak suka jajan? Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang konsumtif. Tidak hanya pada benda berbau tekonologi tetapi juga pada makanan. Kegiatan beli merupakan bagian dari upaya pencukupan kebutuhan manusia. Keterbatasan waktu kerapkali menjadi alasan orang-orang menyukai jajan makanan. Hampir semua menginginkan jajanan sehat. Tak heran, tempat-tempat jajan dapat kita temui di mana-mana. Terutama di tempat yang dekat dengan tempat pusat kegiatan masyarakat.


Tak hanya alasan waktu, jajan makanan kerapkali dilatar belakangi alasan untuk mencoba jenis-jenis makanan baru. Tidak semua orang memiliki kemampuan menciptakan makanan dengan cita rasa yang enak, berkualitas, dan baru. Atau kebanyakan merasa malas untuk berkreasi dengan makanan. Terlebih, bagi yang tidak mengalami masalah ekonomi. Kaum yang mengalami kesulitan ekonomi saja suka jajan, jajan kerupuk misalnya.

Memilih Jajanan melalui tempat Jajan
Perilaku sehat identik dengan perilaku bersih. Kebersihan adalah pangkal kesehatan,bukan? Kebersihan tempat jajan dapat terlihat dari lantai, meja, peralatan makan. Saat memasuki tempat jajan, lihatlah lantainya. Lantai yang kusam karena sudah lama akan berbeda dengan lantai yang jarang dibersihkan. Begitu pun dengan peralan makan yang digunakan.

Saya pernah makan masakan khas salah satu daerah di dekat pusat perbelanjaan di pusat kota Jakarta. Lantai dan meja di tempat itu bersih. Namun tidak dengan peralatan makannya. Di ujung pegangan sendok dalam gelas teh saya terdapat sisa kari. Saya juga mencium bau sendok itu. Pembeli yang ada di tempat itu hanya saya, seorang teman saya, dan seorang lagi di meja yang berbeda. Saya pun berhenti melakukan kegiatan makan dan minum, kemudian bergegas pergi.

Kehadiran berbagai binatang yang diidentikan dengan kekotoran seperti tikus, kecoa, dan lalat dapat menjadi tolak ukur kebersihan suatu tempat.

Tempat jajan yang bersih tidak harus yang mahal. Tempat jajan di kaki lima masih dapat ditemui yang bersih. Umumnya, tempat jajan seperti ini berdiri di lokasi-lokasi yang tidak mengganggu aktivitas kendaraan maupun masyarakat. Saya rasa setiap orang memiliki pendapat tersendiri soal ini.

Saya selalu teringat pesan ibu saya ketika akan jajan makanan. “Lihat tempatnya dulu, baru jajan di sana”, begitulah petuah beliau. Tempat yang bersih mencerminkan bahwa setidaknya penjual jajanan memiliki kepedulian akan kesehatan pembelinya. Bila Anda berniat jajan makanan yang mengharuskan untuk pergi ke tempat yang bersangkutan, jangan lupa perhatikan kebersihan tempat itu. Jajanan yang kita beli sekalipun tergolong sehat tapi bila tempatnya kotor akan mengurangi makna sehat itu sendiri.

1 comments:

AmandaCarl said...

Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
dengan kemungkinan menang sangat besar.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
• AduQ
• BandarQ
• Capsa
• Domino99
• Poker
• Bandarpoker.
• Sakong
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• FaceBook : @TaipanQQinfo
• WA :+62 813 8217 0873
• BB : D60E4A61
Come & Join Us!!

Post a Comment